PERNYATAAN SIKAP RISTEK TERHADAP AKSI TERORISME DENGAN BOM DI SURABAYA

Bismillah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Kami Kerohanian Islam Teknik (Ristek FT Unnes) menyatakan bahwa ajaran islam merupakan ajaran yang Rahmatan Lil’alamin ( menebarkan rahmat untuk seluruh seluruh alam semesta ). Hal itu telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW pada masa kepemimpinannya dalam membentuk negara Madinah yang damai dibawah naungan islam. Rosulullah mampu menciptakan ketentraman masyarakat Madinah yang teridiri dari banyak suku, ras, bahkan agama. Saat itu umat muslim dengan umat yahudi dan umat nasrani hidup berdampingan dengan damai.

Sejarah lain juga telah membuktikan bahwa islam memang dapat menciptakan ketentraman di dunia dan dari waktu ke waktu dari mulai zaman Khulafaur Rasyidin dan zaman kepemimpinan Bani Umayah yang pada saat itu terkenal dengan keberhasilan seorang Umar bin Abdul Aziz membuat negaranya menjadi tenteram hanya dalam 2 tahun kepemimpinannya. Disaat itu semua masyarakat hidup dengan damai dan sejahtera sampai tidak orang lagi yang hendak memerima zakat karena masyarakatnya sudah makmur semua.
Kedamaian islam kemudian dilanjutkan hingga masa kepemimpinan Bani Abassiyah. Pada saat dakwah disampaikan tanpa ada pertumpahan darah. Islam mampu menjadi soko guru peradaban didunia dengan menyumbangkan banyak gagasan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang hingga saat ini masih menjadi rujukan berbagai bidang kehidupan.

Atas dasar itu, kami memandang bahwa islam adalah agama yang damai dan menebarkan rahmat bagi seluruh alam semesta. Islam tidak memandang warna kulit, ras, dan budaya. Islam juga yang akan membawa masyarakat pada kemakmuran dan ketentraman dengan konsep hakiki, dipandu langsung oleh Al Qur’an dan As Sunnah yang merupakan panduan langsung dari Allah Azza Wajalla.

Dengan ini, Ristek FT Unnes menyatakan sikap:

  1. Mengutuk keras segala bentuk aksi terorisme dan radikalisme yang membawa nama islam.
  2. Mengajak seluruh elemen kampus Universitas Negeri Semarang untuk mengutuk aksi yang membuat citra islam menjadi buruk tanpa memberi justifikasi yang seolah-olah bahwa aksi-aksi serupa dibenarkan oleh islam.
  3. Menyatakan bahwa aksi terorisme tidak sesuai dengan konsep kemanusiaan yang diajarkan oleh Allah melalui Al Qur’an dan Sunah Menuntut pemerintah untuk bersungguh-sungguh dalam mengatasi masalah terorisme.
  4. Menuntut kepolisian khususnya Densus 88 agar bertindak sesuai standar operasional yang berlaku.
  5. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
  6. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menciptakan kekondusifan situasi lingkungan atas merebaknya isu terorisme saat ini.

Demikian kami sampaikan, apabila ada yang kurang berkenan kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan bisa menjadi refleksi Bersama dalam menghadapi ujian yang dirasakan islam saat ini.

Wassalamu’alaikum Warrahmatuhi Wabarrokatuh

Tertanda


Kerohanian Islam Teknik ( Ristek FT Unnes )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close